Wednesday, August 19, 2015

Tips Panjang Umur dan Langsing Wanita Jepang



Banyak orang tahu bahwa wanita Jepang hidup lebih lama dan berbadan ramping. Mereka memiliki kualitas hidup yang tinggi sehingga jarang sakit dan itu yang patut kita tiru.

Berikut tips untuk hidup lebih sehat dan tetap langsing ala wanita Jepang:

1. Penyajian makan porsi kecil.


Kita bisa melihat bagaimana penyajian makanan di Jepang menggunakan mangkok kecil.     Mereka menikmati makanan mereka secara perlahan-lahan. Dengan demikian kerja organ pencernaan mereka tetap terjaga dan selalu dalam kondisi prima. Mulai sekarang ganti piring besar kita dengan piring kecil.

2. Memasak dengan api kecil.

Dengan menggunakan api kecil saat memasak, menumis ataupun mengukus, mereka mengurangi hilangnya zat gizi yang terjadi. Sehingga nilai gizi dari setiap makanan akan selalu tetap terjaga. Mereka juga sering menggunakan minyak zaitun dalam proses menggoreng makanan mereka.

3. Selalu Sarapan

Mereka selalu mengutamakan sarapan. Saat sarapan pagi, mereka selalu menyajikan sop Miso. Sop yang terbuat dari rebusan kedelai, beras dan garam. Sop Miso ini kaya probiotik yang menjaga usus tetap sehat dan menjaga daya tahan tubuh.


4. Mengurangi makanan penutup

Di Jepang, makanan penutup tidaklah terlalu penting. Mereka tidak menyukai makanan yang manis. Tidak seperti negara lain, penyajiannya juga selalu dalam mangkok dan jumlah yang sedikit.

5. Tidak diet

Wanita Jepang tidak peduli dengan kata "diet". Mereka justru menikmati berbagai jenis makanan. Kuncinya adalah berjalan kaki.Berjalan kaki sudah menjadi rutinitas harian dan hal inilah yang menjaga tubuh mereka tetap langsing.

6. Tidak makan roti

Orang Jepang lebih menyukai nasi daripada roti. Menurut mereka, roti adalah tepung yang dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan.

7. Mengkonsumsi lebih banyak sayuran

 Sayuran kaya akan antioksidan, vitamin dan mineral. Wanita Jepang mengkonsumsi lebih banyak brokoli, kubis, kecambah, kangkung, bok choy, dimana sayuran-sayuran ini memiliki lebih banyak manfaat bagi kesehatan.

8.Rumput Laut

Rumput laut merupakan komponen utama dalam setiap hidangan masakan Jepang, yang notabene kaya akan vitamin, mineral dan nutrisi lainnya.


9. Mie sehat
Di Jepang, mie nya dibuat dari kacang dan gandum hitam sehingga kandungan lemaknya sangat rendah.


10. Kacang kedelai dan Teh hijau

Setiap hari mereka mengkonsumsi kacang kedelai dan hampir 50gram kedelai setiap harinya dalam berbagai hidangan tradisional.
Selain itu, mereka juga gemar minum teh hijau setelah makan untuk melindungi kesehatan mereka. 


Tak heran itulah mengapa wanita Jepang selalu terlihat langsing, dari pemilihan makanannya yang rendah lemak dan berserat tinggi, meminum teh hijau sehabis makan, dan berjalan kaki kemana-mana.
Sebuah kebiasaan hidup sehat yang patut kita contoh dan praktekkan.

2 comments: